BREAKING NEWS

Kenapa Wanita Harus Berjilbab Padahal Jilbab Gak Gaul?

alasan berjilbab, alasan berhijab, hijab syar'i, zahwa, tutorial hijab
Kebanyakan wanita menganggap bahwasanya dengan dirinya memakai jilbab maka dia tidak akan lagi terlihat cantik & menarik. Predikat "Kuno" akan melekat pada dirinya karena merasa tidak gaul dan tidak modis dihadapan teman-temannya.
Pict by: http://facebook.com/zahwaco-234266360298790
Kenapa Wanita Harus Berjilbab Padahal Jilbab Gak Gaul? - Bismillahirrahmanirrahim.. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Mau tanya, Jilbab/Hijab wajib gak sih? Ada yang bilang Sunnah karena hanya kebiasaan wanita Arab? Kenapa sih harus berhijab?

Saudariku, jika kita melihat, hampir dalam semua agama, kitab mereka berkata bahwa wanita harus mengenakan hijab. Jika kita membaca Bible, Bible dalam kitab Ulangan 22:5 berkata, "Laki-laki janganlah mengenakan pakaian perempuan dan perempuan janganlah memakai pakaian laki-laki." Jika kita baca lagi I Timotius 2:9 dikatakan, "Wanita hendaknya berdandan dengan sopan dan sederhana rambutnya jangan berkepang-kepang, jangan memakai emas." Dan dalam I Korintus 11:6, dikatakan "Jika perempuan ingin beribadah dan tidak mau menudungi kepalanya, maka haruslah ia juga menggunting rambutnya." Digunting!

Jadi sebenarnya Bible lebih ketat daripada Quran tapi dunia Barat selalu saja gencar menyuarakan bahwasanya hijab adalah sebuah pengekangan yang dilakukan Islam dan Arab terhadap wanita.

Dan bahkan jika kita membaca Rigveda dikatakan bahwa wanita harus menutupi rambutnya. Jadi bahkan dalam kitab Hindu dikatakan bahwa wanita harus menutupi rambutnya.

Berkenaan dengan hijab, normalnya, seringkali, atau di sebagian besar waktu. ketika seorang Muslim yang religius membicarakan hijab, ia membicarakan hijab bagi wanita. Tapi dalam Quran, Allah S.W.T pertama kali membicarakan hijab bagi pria, barulah bagi wanita. Allah berfirman dalam Quran di surat An-Nuur [24]: 30,

"Katakanlah pada pria beriman: 'Hendaklah mereka menahan pandangan dan memelihara kemaluannya.'"


Kapanpun seorang pria melihat seorang wanita, wanita manapun, dan jika ada pikiran kotor apapun, pikiran tidak senonoh datang dalam pikirannya, dia harus menundukkan pandangannya.


Ayat berikutnya membahas hijab bagi wanita dalam Surat An-Nuur [24]: 31 yang berbunyi,

"Katakan pada wanita beriman: 'Hendaklah mereka menjaga pandangan dan kemaluan, dan jangan mereka tampakkan kecantikannya, kecuali yang (biasa) nampak darinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya. Kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau putra mereka, dan mahramnya dimana dia tidak bisa menikahinya.'"


Pada dasarnya ada 6 syarat bagi hijab. Syarat pertama berbeda antara pria dan wanita, yang lima sisanya sama.

jilbab /jil-bab/ n kerudung lebar yang dipakai wanita muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai dada. (KBBI).

Syarat Hijab :

1. Panjangnya. Bagi pria, panjangnya dari pusar sampai lutut. Bagi wanita, seluruh tubuhnya harus ditutup. Satu-satunya bagian yang boleh terlihat adalah wajah dan tangan sampai pergelangan. Ada sebagian ulama yang berkata bahwa wajah harus ditutup. Kelima syarat sisanya sama bagi pria dan wanita.
2. Pakaian yang digunakan Tidak boleh ketat sehingga menampakkan lekuk tubuh.
3. Tidak transparan
4. Tidak berlebihan dan glamour sehingga menarik lawan jenis.
5. Tidak boleh Seperti pakaian lawan jenis.
6. Tidak boleh Seperti pakaian orang kafir.

Mungkin para pembaca sekalian masih meragukan akan syarat-syarat diatas karena merasa terkekang akan aturan Islam. Tapi coba lihat penjelasannya dibawah ini.

Jika kita melihat di masa lalu, dalam sejarah, di masa Babilonia wanita tidak pernah dihormati. Pada masa Babilonia, jika seorang pria melakukan pembunuhan, jika dia membunuh wanita, bukannya dia yang dihukum, istrinya lah yang dihukum mati. Jika kau membaca peradaban Romawi, mereka menganggap wanita sebagai alat seks dan kesenangan. Jika kita membaca peradaban Yunani, mereka mempercayai wanita mitologi bernama Pandora. Dan itulah alasan mereka merendahkan wanita, karena mereka percaya wanita adalah penyebab kejahatan dalam masyarakat. Dan dalam peradaban Yunani, wanita adalah objek seks dan pemuas nafsu. Jika kita membaca sejarah peradaban Mesir, mereka menganggap bahwa wanita adalah tanda setan. Di peradaban Arab sebelum Quran diwahyukan mereka seringkali mengubur bayi perempuan hidup-hidup. Setelah Quran diwahyukan, perbuatan jahat ini dihentikan.

kenapa wanita harus berjilbab, alasan berhijab, alasan berjilbab, zahwa
Lihat Koleksi hijab syar'i Zahwa.co di instagram www.instagram.com/zahwa.co/

Islam adalah agama pertama yang mengangkat derajat wanita. Dan Islam telah menunjukkan cara untuk menjaga kehormatan. Itulah mengapa hijab diperintahkan, yaitu untuk mengangkat wanita, dan menjaga kehormatan mereka. Allah berfirman dalam surat Al-Ahzab [33]: 59,

"Hai Rasulullah, katakanlah kepada istri-istrimu dan wanita-wanita beriman: 'Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.' supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, dan mencegah mereka agar tidak diganggu."

Aku ingin bertanya padamu, misalnya ada dua saudari kembar yang sangat cantik, sama cantiknya. Dan jika mereka berjalan di jalanan salah satu dari mereka menggunakan hijab islami, seluruh tubuhnya tertutup, kecuali wajah dan pergelangan tangannya. Sedangkan satunya lagi, dia mengenakan pakaian barat, mungkin rok mini atau tanktop. Jika kedua saudari kembar ini berjalan di jalanan, dan jika di pinggir jalan ada preman yang suka menggoda wanita. Aku bertanya padamu, mana  yang akan digoda? Akankah mereka mengganggu gadis yang memakai hijab Syar'i, atau apakah mereka akan menggoda gadis yang memakai pakaian barat? Tentu pakaian barat! Ini pertanyaan dan jawaban yang simple. Kau mengundang, dan kau mendapat masalah.

Seringkali kita melihat fenomena-fenomena yang serupa dan bahkan seringkali yang disalahkan adalah sang lelaki. Padahal kalau tak ada undangan maka tak akan ada kejadian.

Jadi itulah mengapa Quran dengan jelas menyebutkan bahwa hijab diwajibkan bagi wanita agar mereka mudah dikenali, mereka dihormati, dan ini akan mencegah mereka dari gangguan. Jadi alasan hijab diwajibkan bagi wanita adalah untuk mengangkat derajat wanita. Kalau tidak, mereka akan kembali sebagimana zaman jahiliyah, wanita digunakan untuk seks dan kesenangan.

Di zaman sekarang peradaban Barat mengklaim mengangkat derajat wanita. Peradaban Barat membicarakan tentang pembebasan wanita. Pembicaraan Barat tentang pembebasan wanita ini hanyalah bentuk terselubung dari eksploitasi tubuh, perendahan jiwa, dan perenggutan kehormatan.

Peradaban Barat mengklaim mengangkat derajat wanita, tapi sebenarnya merendahkan mereka sampai ke status selir, wanita simpanan, dan pemuas hawa nafsu, yang digunakan hanya untuk seks dan kesenangan di tangan-tangan pencari kesenangan, atas nama seni dan budaya. Mereka mengubah paradigma bahwasanya Poligami adalah hal yang tabuh, dan PSK, perselingkuhan adalah kebebasan berkehendak atas nama HAM.

Peradaban Barat yang membicarakan tentang pembebasan wanita, seni, dan budaya, hanyalah wujud untuk merendahkan wanita. Dan kita melihat itu. Mereka berkata, "Persamaan! Persamaan!" Dan kita lihat ini umum.

Kapanpun kita melihat sebuah iklan, entah itu berhubungan dengan wanita atau tidak, pasti ada wanita didalamnya. Bahkan dalam penjualan, kita lihat produk mobil, motor, rokok, yang menjadi bintang pemasarannya adalah para SPG yang cantik dan sexy-sexy. Berapa banyak wanita mengendarai mobil? Berapa banyak wanita mengendarai motor? Berapa banyak wanita yang merokok? Dalam persentasinya sangat kecil! Tapi dalam pemasaran dan iklannya pasti ada SPG yang cantik.

Dan pernah ada sebuah iklan dari BMW yang sangat terkenal. Di salah satu iklan BMW-nya, di depan mobil BMW-nya, ada gadis yang berdiri dengan bikini, dan iklannya bertuliskan "Tes drive her now!" Siapa? Siapa yang harus di tes? Gadisnya atau mobilnya?

Apa yang dilakukan dunia Barat? Mereka menjual ibu-ibu mereka, mereka menjual istri-istri mereka, mereka menjual putri-putri mereka. Jika menjual ibumu, istrimu, dan putrimu dikatakan pembebasan, maka kami sebagai Muslim lebih bahagia kalau dikekang. Kita dikekang dengan hukum Allah S.W.T. Kita ingin wanita terjaga. Kita mencintai ibu kita, kita mencintai istri kita, dan kita mencintai putri kita. Itulah mengapa hijab ini melindungi wanita, dan kita ingin wanita kita dilindungi dan dijaga kehormatannya.

Tapi dizaman sekarang, muncul permasalahan baru. Para muslimah mulai enggan untuk memakai jilbab di kepalanya. Para wanita mulai enggan untuk meng-hijab-i dirinya. Mereka beralasan bahwasanya mereka belum pantas untuk berhijab, merasa bahwa hatinya masih kotor sehingga belum pantas kalau berpakaian syar'i.

Saudariku, sampai kapan engkau akan menunggu? Usia tidak ada yang tahu akan berakhir kapan. Apakah menunggu sampai tua? dengan anggapan "Ah nanti ajala, nanti kalau sudah tua, sudah beruban, sudah sakit-sakitan baru bertobat."

Allah S.W.T berfirman dalam Q.S. An-Nur [24]: 60,

"Dan para perempuan yang telah berhenti (dari haid dan mengandung) yang tidak ingin menikah (lagi) maka tidak ada dosa menanggalkan pakaian (luar) mereka dengan tidak (bermaksud) menampakkan perhiasan; tetapi memelihara kehormatan adalah lebih baik bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui."

Kalaulah ukhti menunggu tua baru mau untuk berhijab, maka ibarat membayar mahal untuk barang yang di diskon 80%, tak ada gunanya berhijab karna perintahnya sudah diberi diskon (keringanan). Disaat harga normal ukhti tidak mau membeli dengan alasan harganya terlalu mahal, tapi ketika diberi diskon ukhti malah membayar dengan harga normal yang seyogyanya lebih mahal.

Jangan termakan oleh propaganda kafir, tidak ada yang lebih baik sebelum seorang perempuan menggunakan hijab untuk dirinya. Berhijab adalah wajib karena dalil yang diberikan Allah dalam Al-Quran sudahlah jelas. Apakah kita ingin seperti orang-orang munafik yang mengambil sebagian dari Al-Quran yang disenanginya kemudian membuang yang lain? Bukan hati bersih yang membuat kita berhijab, tapi hijablah yang membuat hati kita menjadi bersih.

Semoga bermanfaat dalam membawa perubahan,
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Referensi :
Cermah Dr. Zakir Naik - USIM, Malaysia 2016 (Apakah Hijab Mengekang Kebebasan Wanita)
http://kbbi.web.id/jilbab

Share this:

Post a Comment

 
Back To Top
Copyright © 2014 ItmusMedia.Com. Designed by OddThemes