BREAKING NEWS

Pintarlah Dalam Memilih Informasi

Oleh : Intan Purnama Sari Matondang

Pada era modern yang sekarang ini, jarang sekali kita temui orang-orang yang buta akan teknologi. Namun, di zaman yang penuh dengan kecanggihan ini, masih banyak orang yang tidak dapat memanfaatkan kecanggihan tersebut pada waktu dan tempatnya. Kecerdasan yang telah diciptakan Allah, seharusnya kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dan menggunakan kemajuan teknologi dengan sebaik baiknya merupakan salah satu pengaplikasiannya. Terutama dalam bidang komunikasi yang sekarang bisa dengan mudah kita akses dengan bantuan jaringan internet yang contohnya adalah media sosial. Dan alat komunikasi digunakan sebagai alternatif atau salah satu sumber informasi dan bukannya sebagai penghancur generasi.

Sudah kodratnya bagi setiap manusia yang berada pada zaman teknologi yang sedang berkembang ini harus mengetahui setiap informasi ataupun berita yang terbaru (terupdate). Dan disaat manusia kurang mengetahui informasi ataupun ketinggalan berita, maka pada saat itu pula manusia tersebut dikucilkan. Bisa dibilang, pengetahuan umum sangat berpengaruh penting dalam menjalankan hidup terutama bagi mahasiswa.

Allah telah menciptakan beragam-ragam suku, agama, ras dan antargolongan (yang disingkat degan SARA) dimuka bumi ini adalah dengan tujuan yang baik. Yaitu seperti motto atau semboyan Indonesia “Bhineka Tunggal Ika” yang jika diterjemahkan yaitu “ Berbeda-beda tetapi tetap satu.” Dan kita tidak boleh lupa akan kelebihan kita sebagai manusia di bandingkan dengan makhluk yang lain yang telah diciptakan oleh Allah SWT, yaitu ‘AKAL.’ Akal yang telah kita punya harus dapat kita gunakan dalam mencermati semua informasi yang ada. Jangan sampai, kita kembali pada masa kehancuran kita (Jahiliah), padahal Nabi Muhammad SAW sudah berusaha dengan kerasnya hingga kita berhasil sampai pada masa yang terang-benderang.

“Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk” (Q.S. Ali Imron : 103)

Saat kita lebih menggunakan akal dan lebih menganalisa semua informasi dengan cermat, maka semua perselisihan juga tidak akan tercipta. Perbedaan disetiap pemikiran manusia, pasti akan selalu ada. Dan kita telah berada di masa demokrasi, yang di saat inilah, mengeluarkan pendapat tidak lagi dianggap tabu. Dan jika telah mengeluarkan pendapat, masih juga terdapat perbedaan. Maka masih ada musyawarah. Di dalam musyawarah tersebut, kita dapat memecahkan semua persoalan dengan sikap rendah hati. Dari hal ini, kita mengetahui bahwa, bagaimanapun besarnya sebuah masalah itu, bagaimanapun sulitnya masalah itu, jika dirundingkan dan walaupun membutuhkan orang yang banyak hingga proses yang lama, pasti akan menemukan titik terang atau hasil yang pasti. Dan, pada saat semua orang tak saling memenntingkan keinginannya sendiri, namun juga mendengarkan kepentingan orang lain hingga orang banyak, disitulah perpecahan terhindar dan persatuan tercipta.

Oleh sebab itu, pemuda Islam harus dapat merendahkan hati dan juga emosi untuk tetap menjaga kesatuan. Menyatukan visi dan misi agar tetap dapat membangun rasa solidaritas sesama umat muslim. Menghindarkan diri dari rasa keegoisan untuk menjauhkan perpecahan. Update dan tetap cerdas dalam memilih informasi untuk menjauhi perselisihan. Pahami segala bacaan dengan sumber yang terpercaya agar dapat dijadikan landasan dalam berbicara. Mari kita sibuk untuk menjadi dan tidak hanya mencari para generasi umat muslim yang saling toleransi.

Tulisan ini diikutkan dalam Lomba Menulis Artikel Forum Ittihadul Muslimin dengan tema  "Pemuda-Islam-Dan Persatuan Umat"

Lomba Menulis Artikel Forum Ittihadul Muslimin

Share this:

2 comments :

  1. Thank you for the information you give hopefully in the future could be great again

    Nonton Movie
    Nonton Film Online
    Bioskop Online
    Ganool Movie

    ReplyDelete
  2. This article is very nice and Helpful .. Update continued and success is always yes Gan

    PokerSemi
    Agen Poker
    Bandar Ceme
    Agen Domino Terpercaya

    ReplyDelete

 
Back To Top
Copyright © 2014 ItmusMedia.Com. Designed by OddThemes