BREAKING NEWS

Persatuan Umat Muslim dalam Aksi

Oleh : Siti Anisa

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai” (QS. Ali-Imran:103).

Sebulan yang lalu umat muslim diIndonesia melakukan Aksi bela Al-Qur’an diJakarta (4/11). Penistaan agama yang dilakukan oleh gubernur non aktif DKI Jakarta basuki cahya purnama (ahok), membakar amarah umat muslim diIndonesia. Seluruh umat muslim dari berbagai daerah diIndonesia bersatu dalam sebuah aksi membela Al-Qur’an. Umat muslim menuntut agar ahok segera ditangkap dan dihukum. Akan tetapi pada aksi 411 pemerintah kurang menanggapi dan bersikap statis terhadap tuntutan umat muslim. Hal ini tidak membuat umat muslim berhenti begitu saja. Umat muslim kembali mengadakan aksi 212 (2/12). Dalam aksi ini sekitar 7000 juta jiwa umat muslim dari berbagai daerah diIndonesia berkumpul dan memenuhi lokasi Monas Jakarta untuk memperjuangkan tuntutan mereka dalam membela Al-Qur’an. Berkumpulnya 7000 juta jiwa umat muslim membuktikan bahwa persatuan Umat begitu erat, berkumpulnya 7000 juta jiwa umat muslim dari berbagai daerah diIndonesia menjadi satu kesatuan yang begitu gagah dan perkasa. Aksi ribuan juta umat terlihat dipenuhi oleh nilai-nilai jihad. Semua ini merupakan suatu pemandangan yang mengandung makna bahwa persatuan umat dalam membela Al-Qur’an begitu menggebu-gebu, hal ini sebenarnya membuktikan bahwa perceraian atau perpecahan umat justru akan membuat umat muslim terlihat lemah sedangkan persatuan justru menjadikan umat muslim menjadi kuat akan tetapi persatuan hendaknya atas dasar agama, akidah dan mengikuti sunah rasul.

Sebagaimana yang telah difirmankan Allah dalam kitab-Nya “Dan bahwa kami perintahkan) ini adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia dan janganla kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu menceraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertakwa” (QS.Al An’am:153). Dalam firman ini Allah telah menjadikan jalan-Nya dibangun atas sunnah, yang mana jalan tersebut adalah jalan islam atau dengan penafsiran Al-Qur’an dengan segala kandungan dan juga hukum-hukum yang ada didalamnnya, dimana didalamnya mengandung argument dan penjelasannya.

Persatuan umat muslim juga ditunjukan dalam aksi peduli bencana aceh pidey jaya (8/12) yang mana umat muslim melaksanakan penggalangan dana untuk membantu masyarakat aceh, bukan hanya untuk membantu umat muslim diaceh saja begitu juga membantu masyarakat yang non muslim pula. Hal ini menunjukan bahwa islam juga peduli dengan umat lainnya, islam rahmtan lilalamin. Persatuan umat muslim juga memberikan aura positif bagi umat lainnya. Bencana yang terjadi diaceh merupakan suatu momentum untuk umat muslim bersatu dan saling tolong menolong satu sama lain karena pada dasarnya gambaran persatuan umat muslim didalam perilaku kaum muslimin, antara satu dengan yang lainnya telah dikatakan oleh Nabi shallallahu’alaihi wasallam didalam sabdanya: “Perumpamaan kaum muslim dalam saling mengasihi, saling menyayangi, dan saling tolong menolong diantara mereka seperti perumpamaan satu tubuh. Dimana ketika salah satu anggota tubuh yang lain merasakan sakit, maka anggota tubuh yang lainnya akan merasakannya pula sakit dengan demam dan tidak bisa tidur”(HR.Imam Muslim dalam Shahinya). “seorang mukmin terhadap mukmin lainnya seperti satu bangunan, sebagiannya menguatkan yang lainnya” (HR.Bukhari dan Muslim)

Islam merupakan agama yang banyak mengajarkan segala hal kebaikan bagi umatnya, begitu juga dengan persatuan umat muslim yang menjadi prinsip dalam islam. Persatuan umat muslim dalam beberapa aksi merupakan cara Allah dalam mempersatukan hati setiap umat muslim diIndonesia. Hal ini merupakan izin Allah untuk memperbaiki perpecahan umat yang telah lama merusak tali persatuan dan persaudaraan umat muslim. Dan hal ini sudah menjadi janji dan ketetapan Allah dalam firmannya “Walaupun kamu membelanjakan (kekayaan) yang beradadibumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka” (Q.S.Al-Anfal:63). Begitu indahnya persatuan umat muslim karena dalam persatuan kita saling mencintai satu sama lain, saling mengasihi, merangkul, mengingatkan akan keburukan, mengajak akan kebaikan serta saling tolong menolong satu sama lain. Begitu indahnya persatuan semoga persatuan umat muslim tetap terjaga dan Allah selalu menyatukan seluruh umat muslim dalam tali persaudaraan diatas kitab dan as-sunnah serta terhindar dari segala fitnah yang menimbulkan perpecahan dalam kesatuan umat muslim. Insya Allah.

Tulisan ini diikutkan dalam Lomba Menulis Artikel Forum Ittihadul Muslimin dengan tema "Pemuda-Islam-Dan Persatuan Umat"

Lomba Menulis Artikel Forum Ittihadul Muslimin

Share this:

1 comment :

 
Back To Top
Copyright © 2014 ItmusMedia.Com. Designed by OddThemes