BREAKING NEWS

Unsyiah Kuala: Pelangi Negeri Serambi Mekkah


Lomba Blog
Unsyiah Kuala: Pelangi Negeri Serambi Mekkah-Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Universitas adalah wadah untuk melahirkan generasi unggul yang diharapkan dapat membangun negeri dengan jiwa yang penuh wawasan dan semangat perjuangan. Memilih Universitas sama halnya dengan menentukan arah hidup. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Salah langkah dalam memilih universitas maka Anda telah mengorbankan jiwa dan raga untuk gagal mencapai asa.

Universitas Syiah Kuala lahir dengan misi menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam memecahkan masalah-masalah kekinian yang muncul dalam masyarakat dengan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan, keimanan, dan ketaqwaan. Nantinya, mahasiswa yang lulus dari Universitas Syiah Kuala diharapkan menjadi guardian force, moral force, dan penjaga kestabilitasan serta keharmonisan antara masyarakat dan pemerintah.

Universitas yang berlokasi di ibukota Provinsi Aceh dengan kampus utama di Kota Pelajar Mahasiswa (Kopelma) Darussalam, Banda Aceh ini seakan menjadi Pelangi di wilayah dengan julukan Negeri Serambi Mekkah ini. Pasalnya Unsyiah seakan menjadi sinar baru bagi peradaban di Nanggroe Atjeh Daroessalam setelah gelapnya bencana Tsunami yang melanda. Unsyiah memberikan secerca harapan bagi masyarakat bahwasanya rakyat Aceh dapat bangkit dan menjulang tinggi ke permukaan.

Unsyiah menjadi Jantung Hati Rakyat Aceh karena mahasiswa-mahasiswa yang lulus maupun yang masih aktif di Unsyiah berperan aktif dalam mendukung pembangunan daerah, nasional, dan internasional berbasis sumberdaya lokal. Unsyiah menjadi universitas yang inovatif, mandiri, dan terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, olahraga, dan seni sehingga menghasilkan lulusan berkualitas yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika.

Bukti nyata Unsyiah telah berhasil menjadi jantung hati rakyat Aceh adalah dengan penghargaan berupa Anugerah Banda Aceh Madani Award 2016 yang diberikan oleh Walikota Banda Aceh kepada Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal M.Eng, baru-baru ini. Selain itu tingginya peminat yang ingin berkuliah di Unsyiah menunjukkan bahwa Unsyiah bukan hanya jantung hati Masyarakat Aceh tapi juga Jantung Hati Masyarakat Indonesia. Pada tahun 2016 ini saja mahasiswa yang lulus melalui jalur SNMPTN mencapai 1990 orang.

Daftar Prestasi Unsyiah 2015-2016


1. Pemberangkatan Tim Tari Aceh-Pusat Seni Unsyiah 2015 ke Amerika Serikat

Unsyiah Kuala, Unsyiah Jantung Hati Rakyat Aceh, Tim Tari Aceh ke Amerika
Gambar dari www.unsyiah.ac.id

2. Mahasiswa Unsyiah Juara 3 Debat Kontitusi MK 2016

Unsyiah Jantung Hati Rakyat Aceh
Gambar dari www.unsyiah.ac.id
5. Mobil Hemat Energi Unsyiah Terbaik Keempat Nasional

mobil hemat energi unsyiah, unsyiah jantung hati rakyat aceh, pelangi negeri serambi mekkah
Gambar dari www.unsyiah.ac.id
3. Unsyiah Kampus Terbaik 8 di Indonesia  versi news.okezone.com
(http://news.okezone.com/read/2015/07/28/65/1186367/unsyiah-kampus-terbaik-8-di-indonesia)
4. Stanford University Buka Kelas di Unsyiah
6. Dan masih banyak lagi yang lainnya

Daftar Pengabdian Mahasiswa terhadap Lingkungan dan Masyarakat


1. FK Unsyiah buka klinik kesehatan di leupung
2. Ribuan mahasiswa Unsyiah deklarasi Anti LGBT
3. Unsyiah gelar bakti sosial di Aceh Timur
4. Unsyiah menjadi pengawas eksternal rekrutmen polisi di Aceh
5. Aliansi mahasiswa tanam pohon cemara di Alue Naga
6. Dan masih banyak lagi yang lainnya

Tekad Bulat Melahirkan Perbuatan Yang Nyata, Darussalam Menuju Kepada Pelaksanaan Cita-Cita -- Ir. Soekarno (1959) 

Dahulu, pada pembukaan dan peresmian Kota Pelajar Mahasiswa (Kopelma) Darussalam, Presiden Soekarno menyatakan bahwa Darussalam sebagai pusat pendidikan daerah Aceh adalah lambang iklim damai dan suasana persatuan, hasil kerjasama antara rakyat dan para pemimpin Aceh, serta sebagai modal pembangunan dan kemajuan Indonesia, khususnya daerah Aceh.

Sejarah telah membuktikan bahwa tekad bulat telah mewujudkan cita-cita menjadi kenyataan, dan kenyataan ini telah diabadikan dalam guratan pada Tugu Darussalam melalui tulisan tangan seorang pemimpin negara.

Mulai saat itu, semua komponen rakyat Aceh ikut mencurahkan pikiran dan tenaga serta bekerja bahu membahu dalam membangun Darussalam sehingga berdirinya Universitas Syiah Kuala. Polisi, tentara, pegawai, anak sekolah, rakyat di sekitar perkampungan Darussalam, turut serta bergotong royong dengan penuh keikhlasan untuk mendirikan dan menyumbangkan tenaga bagi pembangunan Darussalam, yang dipandang sebagai "Jantung Hati Rakyat Aceh".

Unsyiah, Jantung Hati Masyarakat
Lomba Blog Unsyiah

Keyword: Lomba Blog Unsyiah, Unsyiah, Unsyiah Jantung Hati Rakyat Aceh, Ulang Tahun Unsyiah, Milad Unsyiah

Share this:

7 comments :

  1. Jadi tambah semangat ikutan SBMPTN setelah baca artikel ini. mohon doanya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau daftar SBMPTN di Unsyiah ya? Wah semoga berhasil. Gak nyesel kalau kuliah di Unsyiah

      Delete
  2. Semoga unsyiah tetap jadi kebanggaan rakyat aceh dan lebih berjaya lagi amin...

    ReplyDelete
  3. mobilnya keren tapi kecil ya

    ReplyDelete
  4. Hehe ini kan masih mobil uji coba pak. Kalau kontes mobil hemat energi memang mobilnya kecil kecil gini

    ReplyDelete
  5. Nadhila Fahreni17 July 2016 at 15:29

    Bangga bisa menjadi bagian dari Unsyiah

    ReplyDelete

 
Back To Top
Copyright © 2014 ItmusMedia.Com. Designed by OddThemes