BREAKING NEWS

HUBUNGAN ANTARA AGAMA DAN NEGARA DALAM ISLAM

agama dan negara, hubungan antara agama dan negara
Gambar dari Hasan's Blog
Hubungan Antara Agama dan Negara Dalam Islam - Salah satu bukti adanya hubungan antara Agama dan Negara dalam islam adalah ketika Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Dengan menciptakan / mendirikan sebuah tatanan sosial masyarakat berbudaya tinggi yang kemudian menghasilkan suatu entitas politik, yaitu Negara Madinah.

Di Madinah, Rasulullah SAW menyajikan kepada umat manusia contoh tatanan sosial-politik yang “pendelegasian wewenang” (artinya kekuasaan/wewenang tidak memusat pada satu orang seperti pada sistem diktatorat, melainkan melalui musyawarah) dan kehidupan berkonstitusi (artinya, sumber wewenang dan kekuasaan tidak pada keputusan lisan pribadi, tetapi dalam satu dokumen tertulis yang disepakati bersama) yang terkenal sebagai wujud dari sistem tatanan sosial-politik “Negara Madinah” adalah PIAGAM MADINAH atau dikalangan para ahli sebagai KONSTITUSI MADINAH.

Menurut Al-Sayyid Muhammad Ma’ruf al-Dawalibi (dari Universitas Islam Internasional Prancis) bahwa “Dokumen” itu memuat untuk pertama kalinya dalam history, prinsip dan kaidah kenegaraan dan nilai-nilai kemanusiaan yang sebelumnya tidak pernah dikenal umat Manusia.

Ide pokok “Eksperimen Madinah” (Ungkapan Mohammad Arkoun) adalah adanya suatu tatanan sosial-politik yang diperintahkan tidak oleh kemauan sendiri, tetapi secara bersama-sama. Tidak oleh prinsip Ad Hoc yang dapat berubah-ubah sejalan dengan kehendak pemimpin, tetapi oleh prinsip yang dilembagakan dalam dokumen kesepakatan dasar semua anggota masyarakat, yaitu “Sebuah Konstitusi”

Kata Kunci : Hubungan Agama dan Negara dalam Islam, Konsep Pemerintahan Islam

Penulis : Muhammad Abduh

Artikel ItmusMedia.Com

Share this:

Post a Comment

 
Back To Top
Copyright © 2014 ItmusMedia.Com. Designed by OddThemes