BREAKING NEWS

Pemuda Hari ini adalah bapak / Pemimpin di akan datang

شباب اليم رجال الغد
Pemuda Hari ini adalah bapak / Pemimpin di akan datang

Oleh : Maulana Hasan Hasibuan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Rantaian syukur tetap kita hadiahkan kepada Allah swt atas untaian nikamat dan rezeki , begitu juga tetap kita bershalat kepada Rasullullah Nabi Muhammad saw yang telah memberi uswah hasanah kepada kita di dunia ini.

Peran seorang pemuda di dalam pandangan agama atau bangsa sangat di perhatikan, tak banyak pemuda di masa sekarang menyadari betapa penting diri nya didalam kehidupan , banyak mereka yang menggangkap bahwa diri mereka itu sangat luar biasa tetapi aplikasi mereka kurang di ketahui bahkan tak ada yang mengetahui.

Di tanggan pemudalah tombak sebuah urusan ummat dan bangsa , dan di tanggan pemudalah runtuh nya peradaban ummat dan bangsa , bahkan bukan dilihat dari segi pemimpin sekarang tombak sebuah urusan bangsa dan ummat akan berjalan di akan datang .

Jika kita flashback dipermulaan dan masa pembagunan bangsa indonesia , founding father indonesia .

’’ ir soekarno ’’ berikan aku 10 pemuda akan ku goncangkan dunia

Sama hal nya dari sejarah pradaban islam , para pencetus dan pejuang islam serta penakhluk berawal dari para pemuda , para mujtahid dan pencetus dahulu adalah pemuda , imam 4 madhab salah satu contoh pemuda yang nyata bagi kita yang menyibukkan dan membebani diri mereka dengan ilmu yang terus mereka kaji

Sosok Yang paling sering kita kenal dan tenar yang tidak akan dilupakan oleh sejarah Dunia Sultan Mohammed Al fatih sang penakhluk kostantinopel yang kala itu termasuk negara keristen terbesar di zaman abad ke XI yang sebelumnya merupakan negara kriten terkuat dan terbesar itu jatuh dan takhlukan oleh sultan Mohammed Al fatih dan ia seorang pemuda yang kala itu masih berumur berumur 21 tahun .

Shalhuddin al ayyubi penakhluk Baitul maqdis juga penggerak dan pembuka Masjid yang dikenal sebagai salah satu Universitas tertua di Dunia saat ini yaitu Al Azhar yang kala itu sudah berubah fungsi sebagai Masjid syiah ia buka dan bebaskan dan di kembalikan fungsinya sebagai pusat dan pembelajaran ummat islam , dan ia juga kala itu seorang pemuda .

Pembebasan serta kemerdekaan indonesia juga di perjuangkan serta di pelopori oleh pemuda pemuda yang tangguh serta mau memberikan pradaban baru untuk negara nya .

Pemuda memiliki posisi yang luar biasa dalam pembagunan serta pergerakan pradaban kedepan , jangan mau kita dilalaikan oleh keadaan yang penuh dengan propoganda setan yang menjelma sebagai media media sosial yang saat ini mudah dan sangat cepat kita mengaksesnya , sangat bagus dengan ada nya media media sosial tersebut kita sebagai pemuda dapat menggambil andil bagus didalam nya bukan malah sebaliknya menjadi budak yang terus diperbudak bahkan di atur oleh media media sosial tersebut .

Pepatah tuah Arab dahulu pernah bersyair ,

إن الشباب والفراغ والحدة، مفسدة للمرءاى مفسدة

Sesungguhnya waktu muda dan waktu kosong itu adalah waktu yang merusak dan sangat merusak jika waktu itu tidak dipergunakan sebaik baiknya di masa Muda tersebut.

Begitulah kurang lebih nya pepatah menjelaskan filsafat beliau di masa mudanya.

Sejarah Islam membuktikan 9 jendral perang terhebat sepanjang sejarah adalah para pemuda :

1. Shalahuddin Al Ayyubi, sifatnya yang kesatria dan pengampun dan ia seorang pemuda di zamannya.
2. Abdullah bin Amir, kehebatan dan kecerdikannya dalam Administrasi dan strategi militer dan ia seorang pemuda di zamannya.
3. Amr Bin Ash, panglima perang yang bijak dalam mengatur strategi peperangan dan juga sebagai seorang pemuda di zamannya.
4. Thariq Bin Ziyad, ksatria yang memiliki satu mata, dan ia juga pemuda di masanya.
5. Syurahbil Bin Hasanah, salah satu komandan tersukses di pasukan Rasyidin dan juga seorang pemuda.
6. Khalid Bin Walid, pedang Allah yang terhunus.
7. Sultan Mohammed Al Fatih, sang penakluk Konstantinopel.
8. Sa'ad Bin Abi Waqqash, salah satu sahabat terpenting nabi.
9. Abu Ubaidah Bin Jarrah, Muhajirin dari kaum Quraisy Makkah yang termasuk paling awal dalam memeluk agama islam.

Sejati nya pemuda adalah pembuat perubahan yang baru dengan segala kretifitas yang kita punya kita keluarkan jangan kita pendam bahkan di kubur di benak pikiran kita , apakah kita tidak malu dengan generasi terdahulu lebih cetar dan lebih gesit dari pada kita kan seharusnya kita yang lebih baik karena sudah ada contoh di masa lalu yang bisa kita jadikan pelajaran kedepan di kehidupan kita .

Dalam memaknai perubahan pemuda adalah tulang punggung proses tersebut , dari sebuah proses pasti kita membutuhkan perjuangan , bisa kita belajar dari kejadian dimasa lalu lihat berpa hebat nya para pemuda di perjalanan masa lalu islam kita seharus nya menyontoh nya agar kita lebih baik lagi .

Man Jadda Wajada / من جد وجد

Ya kamu adalah aktor serta artis dipentas kehidupan , terus berlatih dan terus latih jadikan kata kunci Man Jadda Wajada Di atas terletak terus didalam pikiran mu dan semangat didadamu . jika kamu menyadari nya bahwa kata kunci tersebut sangat lah luar biasa dan sangatlah berpengaruh dalam di kehidupan mu.

Maka Mulai kita tanamkan semangat di dalam dasar tubuh kita kemudian kita pupuk dengan semangat sebagai pemuda , pergerakan perubahan itu ada di tanggan kita ya di tangan pemuda di tangan kita sebuah perubahan akan di ciptakan jangan sampai di tangan kita rusak nya sebuah peradaban .

Tersebab dalam sebuah proses itu tidak mudah pasti banyak tantangan dan cobaan pasti siapapun itu akan melalui nya , Ibarat pengoda yang paling lembut dan paling kejam ialah setan , ketika godaan itu sangat kencang ibarat angin topan yang menerjang tapi tak semua pemuda menyadari nya , terkadang ia ibarat sebuah ketenangan yang indah di benak pikiran para pemuda saat itu tanpa kesadaran kita telah di bawa nya kedalam lembah nya yang kejam lagi fana .

Didalam skenario perubahan pradaban terbaik ummat serta bangsa pasti ada pengarang dan penulis terbaik di dalamnya, akan indah dan terungkap sempurna di setiap prosesnya dan hanya di tangan pemudalah skenario indah ini akan di unggkapkan dengan indah serta bermelodi .

Engkau pemuda adalah jawaban untuk masa yang akan datang nanti nya , bak lebih bagus kita menaggis sekarang , bersusah sekarang , terbaring , dan terjatuh di masa ini dari pada kita akan begitu di masa keemasan kita .

Tersebab di dalam skenario mimpi perubahan tersebut adalah pemuda yang hebat dan peduli akan ummat dan bangsa nya , terselip dan tersirat ibarat sang sastra terhebat di dunia fana , oh kasihan terkadang para pemuda jarang mengetahuinya betapa penting diri nya di masa depan . sebelum mengakhiri kalam ini .

Mari kita simak bersama nasehat penting seseorang yang buakn nabi dan bukan juga Rasul akan tetapi nama dan kisah nya di didalam Al quran yang disebutkan kisah nya didalam Qs. Luqman Ayat 12- 21 .

Agar kita bisa mengambil kisah hikmah didalam nya , suatu hari ia pernah menasehati anaknya tentang hakikat hidup , “ Anakku jika makanan telah memenuhi perutmu , maka matilah pikiran dan kebijaksanaanmu , semua anggota badan mu akan malas untuk melakukan ibadah , dan hilang pulalah ketulusan dan kebersihan hati , padahal hanya dengan hati yang bersih manusia dapat menikmati lezatnya berdzikir , dari kisah ini bisa kita ambil pelajaran agar kita tidak tamak dan agar sering berdzikir pada Allah terkhusus hati seorang pemuda .

“ Anakku jika sejak kecil kau rajin menuntut ilmu dewasa kelak kau akan memetik buahnya dan menikmatinya , Anakku ikutlah kau dengan orang orang yang menggotong jenazah , janggan kau ikuti orang orang yang hendak pergi kepesta pernikahan , karena jenazah akan mengingatkan engkau pada kehidupan yang akan datang , sedangkan pesta pernikahan akan membangkitkan nafsu duniamu , dari ibrah nasehat ini mengajarkan kepada kita pemuda agar sentiasa mengisi waktu muda dengan perbendaharaan ilmu agar kelak kita menikmati nya dimasa depan , dan juga mengingat akan akhirat di kehudupan yang kekal nanti .

“ Anakku aku sudah pernah memikul batu yang besar , aku juga sudah menggangkat besi besi berat tapi tidak pernah kurasakan sesuatu yang berat dari pada tanggan yang buruk peranggainya , anakku aku sudah merasakan semua benda pahit yang ada , tapi tidak pernah kuraskan yang lebih pahit dari kemiskinan dan kehinaan , anakku aku sudah mengalami penderitaan dan bermacam kesusahan , tapi aku belum pernah merasakan penderitaan yang lebih susah dari pada menanggung hutang , dari kisah ini bisa kita ambil hikmah agar bersungguh sungguh dimasa muda agar di masa senja kita tidak merasakan kesedihan dan kepahitan yang nyata nantinya .

“ Anakku , sepanjang hidup ku aku berpegang kepada 8 wasiat para Nabi dan Rasul , wasiat itu adalah :

1. Jika kau beribadah kepada Allah jagalah pikiran mu baik baik.
2. Jika kau berada dirumah seseorang maka jagalah pandanganmu.
3. Jika kau berada ditengah majlis jagalah lisanmu.
4. Jika kau hadir dalam jamuan makan jagalah perengai mu.
5. Ingat lah Allah selalu disetiap langkahmu.
6. Ingatlah yang terdekat yaitu maut yang selalu siap bersama mu.
7. Lupakan lah budi baik yang pernah kau kerjakan kepada orang lain.
8. Dan lupakan lah kesalahan orang lain terhadapmu.

Agar nasehat yang dikisahkan di dalam kalam Allah ini bisa sama sama kita ambil hikmah yang sangat besar dan berharga di dalamnya.

Akhir kalam sama sama kita berdoa kepada Rabb yang menpunyai tujuh langit serta luasan daratan yang ia ciptakan Allah swt , agar kedepan nya kita sebagagai pewarna di pradaban masa depan , kita sebagai salah satu batu bata di pentas pembangunan pradaban ia kita pemuda bisa lebih baik dan ber metamorfosa agar lebih baik dan luar biasa , menyebarkan benih benih pradaban islam yang nyata dan damai yang sering kita kenal dengan islam rahmatan lilalamin , Allahuyuwafiqu ilaa aqwami thariq , wahuwa ya’lamu bissawabihi. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

Tulisan ini diikutkan dalam Lomba Menulis Artikel Forum Ittihadul Muslimin dengan tema "Pemuda-Islam-Dan Persatuan Umat"


Lomba Menulis Artikel Forum Ittihadul Muslimin

Share this:

Post a Comment

 
Back To Top
Copyright © 2014 ItmusMedia.Com. Designed by OddThemes